Kiat membiasakan Anak Perempuan Berjilbab

Di bawah ini ada beberapa tips agar anak perempuan kita terbiasa mengenakan Jilbab, antara lain:
  • Pilih Jilbab Yang Lucu
  1. Jangan biasakan anak untuk tidak berpakaian atau berpakaian seadanya bahkan sejak masih bayi hanya karena alasan panas. Hal itu bisa kita siasati dengan sering mengganti pakaian atau popoknya.
  2. Kalau sudah bisa diajak keluar rumah atau jalan-jalan kenakan topi bayi sebagai permulaan.
  3. Kalau sudah agak besar, kurang lebih 4 atau 5 tahun, kenakan jilbab, paling tidak kalau mau meninggalkan rumah.
  4. Beritahu anak mana pakaian yang pantas atau cocok untuk dirumah dan mana yang bisa dipakai untuk meninggalkan rumah. Misalnya anak boleh mengenakan pakaian tanpa lengan dan tidak berjilbab di rumah saja.
  5. Pilihkan jilbab yang berbahan kaus atau yang menyerap keringat sehingga dapat mengurangi gatal dan panas pada saat beraktivitas.
  6. Pilikan jilbab yang modelnnya lucu serta pakaian dengan warna favorit anak sehingga dia suka memakainya. Pastikan pakaian itu menutup aurat dan tidak mengurangi ruang gerak anak.
  • Bergaul Dengan Pemakai Jilbab
  1. Orangtua atau orang sewasa di rumah memberi teladan dengan mengenakan jilbab lebih dulu.
  2. Memberi motivasi dan pemahaman mengenai keuntungan mengenakan jilbab. Misalnya terlindung dari terik matahari, meminimalkan godaan laki-laki iseng, dan insya Allah mendapat pahala dari Allah SWT.
  3. Menyediakan fasilitas pendukung yakni memilih jilbab dari bahan yang sejuk. Warna dan bentuk dipilih sesuai selera anak dengan ukuran yang sesuai sehingga tidak menghambat gerak anak.
  4. Mengajak anak berkreasi dengan membuat pin, boneka flanel kecil atau sulam sederhana yang bisa dipakai sebagai bros atau bandana. Selain anak menjadi kreatif dia akan senang karena jilbab kreasinya unik, berbeda dari yang lain.
  5. Mendorong anak bergaul dengan teman sebaya yang sudah mengenakan jilbab sehingga anak merasa tidak sendirian.
  6. Melibatkan orang dewasa lain seperti kerabat, guru bahkan khadimat di rumah untuk memberikan pujian dan sugesti positif atas usaha anak mengenakan jilbab.
  7. Jangan lupa berikan reward apabila anak mengenakan jilbab seperti pelukan hangat, dibuatkan kue kesukaan atau dibelikan buku mengenai kreasi jilbab bila anak sudah remaja.
Demikian sedikit tips, semoga yang sedikit ini memberi manfaat bagi keluarga kita, menjadi keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah. Amin !


sbr ummi
0 Responses
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x