Perawatan untuk kulit sensitif

Masalah kulit sensitif sampai sekarang masih menjadi perdebatan dikalangan dokter spesialis kulit seluruh dunia. Ada yang mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada jenis kulit sensitif, yang ada adalah kulit penderita alergi atau eksim. sebagian ahli setuju bahwa memang ada penderita kulit sensitif, yaitu sifat kulit yang bereaksi berlebihan terhadap bahan kimia yang dioleskan pada kulit.

Untuk mempermudah, kita sebut saja kulit sensitif itu yang sudah kemerahan, terkelupas, perih dan gatal. Nah, untuk kulit yang seperti ini perawatannya adalah sebagai berikut;

  • pilih kosmetik yang tidak mengandung pewarna dan tidak berpewangi, karena kedua jenis bahan ini terbukti paling banyak menimbulkan iritasi. Kosmetika yang berlabel hipoalergenik biasanya tidak wangi dan tidak berwarna, tapi juga bukan jaminan tidak menimbulkan alergi, karena masih ada bahan kimia pencampur yang lain.
  • Hati-hati dengan kosmetika " tradisional " atau bahan alam, jangan pasti merasa aman. Kalau sudah dikemas menjadi krim atau lotion siap oles ( bukan dalam bentuk aslinya ), maka sama besar kemungkinannya dalam menimbulkan reaksi iritasi atau alergi. Untuk membentuk krim tadi bsa saja bahan aslinya suah dicampur dengan bahan kimia buatan.
  • Sebaiknya lakukan uji alergi untuk diri sendiri. Caranya, kosmetik yang rencananya akan kita pakai...minta dari teman atau dilonter kosmetik...dioleskan pada belakang telinga. Diamkan, dan jangan kena air ( termasuk waktu mandi ) selama 24 jam sampai 48 jam, lihat reaksinya, kalau gatal atau merah berarti tidak cocok dengan kosmetik tersebut, jadi jangan dipakai. Kalau tidak timbul reaksi apa-apa, berarti kosmetik itu bolah digunakan , tipis-tipis dahulu.
  • Reaksi alergi dapat juga timbul setelah beebrapa kali pemakaian, tidak langsung setelah dioleskan, segera hentikan pemakaian begitu ada reaksi.
  • Ketika kulit sedang meradang, kurangi makanan yang mengandung vetsin/msg/penyedap makanan, karbihidrat dan gula. Perbanyak makan sayuran, buah-buahan dan air putih. Jangan pakai sabun wajah yang mengandung scrub dan anti-septik dan jangan pakai pula kosmetik yang mengandung AHA ( Asam Alfa Hidroksi ) ataupun BHA ( Asam Beta Hidroksi-asam salisilat ) Hindari pula mengosok kulit dengan tangan, sabun atau handuk. Gunakan sabun yang PHnya seimbang (5,5) untuk membersihkan kulit.
  • Kalu masih tidak berhasil juga, sebaiknya periksalah ke dokter kulit dan kelamin terdekat. Dokter akan memberikan pengobatan supaya kulitnya menjadi lebih sehat.
Insya Allah, dan lebaran pun tak terganggu lagi dengan masalah kulit, lebaran jadi lebih indah, ceria dan menyenangkan.


* dari berbagai sumber
Label: | edit post
0 Responses
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x