Maaf...Aku tak Tergoda...

Hari ini hari pertama puasa, tapi rasanya sama saja situasinya sama hari kemarin, tak memperlihatkan tanda-tanda bahwa hari ini sedang puasa Ramadhan, maklumlah di Bali. Terasa Ramadhan pas sholat tarawih saja, rasanya kayak tarawih di kampung halaman, masjid penuh sesak, nampak wajah-wajah ceria dengan kain sarung, baju koko, songkok warna-warni, jilbab putih nampak lalu lalang berkibar di terpa angin malam, semua nampak semangat menyambut bulan Ramadhan.

Tapi kalau siang hari, kayak tadi siang, ketika lewat di Jl. Kartika Plasa, Kuta, nafas Ramadhan nyaris tidak tampak, bahkan boleh di kata memang tak ada, orang-orang duduk di pinggir jalan dengan asyiknya menyantap makanan, minum es degan, bule-bule malah mulutnya asyik menyeruput es krim ditangan...tadi ketika mereka menyeruput es krim, kayaknya mak cles...lewat tenggorokan, ger tenan...tapi cuma di hati lho, tak batin wae.

Warung-warung pinggir jalan pun nampak ramai, walau kelihatannya yang jualan juga muslim, di buka penuh, beda dengan di jawa. Bule-bule berlalu lalang dengan pakaian super minim...terbiasa irit bahan kali, he3...ya itu , namanya juga Bali, terserah lo aje mau ngapain, ndak ada yang akan buang lo ke laut...

Itu salah satu godaan kali... tapi itu godaan yang biasa aja, gak berat, mudah di hadapi, mudah dilewati, yang berat mungkin dari dalam diri kali... berat tuk melepas ego yang maunya sendiri, merasa tinggi hati, sulit merendah, di kritik gampang marah, dikasih tahu ngedumel, merasa benar sendiri, paling tahu, padahal cuma sedikit ilmu yang diketahui, paling ganteng...sekomplek kali..itupun karena sekomplek mudik semua, tinggal Ia sendirian..

Kalau masih hari pertama gini biasanya memang masjid masih pol, meluber sampai jalan, kalau pulang ribet nyari saldal yang dah pindah tempat, untung gak ilang, parkiran penuh, kotak amal masih kisaran satu jt lebih, semangat ke masjid masih mengebu-ngebu.

Semoga itu bisa terus bertahan sampai akhir Ramadhan, tapi seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya...puasa memasuki minggu kedua, jama'ah mulai maju kedepan, suara riuh orang berangkat ke masjid berlahan mulai hilang, sandal-sandal gak lagi ribet dicari karena tinggal sedikit, kotak amal cuma kisaran lima ratusan rb, semua sudah mikiran mudik, bahkan sudah banyak yang pulang kampung, ingin menghabiskan separoh Ramadhan dikampung halaman, akhirnya masjid pun terasa longgar...

Ya..begitulah Ramadhan di perantauan, penuh warna-warni, tapi menjadi bumbu-bumbu kehidupan, menjadikan hidup penuh warna kayak warna-warni hidangan berbuka puasa. Semoga aja Ramadhan kali ini penuh berkah, mendapatkan berjuta pahala, dosa-dosa yang telah lalu terampuni...menjadi diri yang Fitri di akhir Ramadhan nanti. Amin Ya Robbal'alamin.
Label: | edit post
1 Response
  1. sep3x.. webnya keren oey...


Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x