Hemat Dan Sehat Menggunakan Minyak Goreng

Minyak goreng akan memicu kolesterol tinggi jika digunakan lebih dari 3 kali dengan suhu tinggi dan waktu yang lama.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar Anda bisa hemat minyak goreng sekaligus meminimalkan risiko kolesterol tinggi. Antara lain:

Mencuci bersih dan mengeringkan penggorengan dengan baik. Pastikan penggorengan tidak mengandung sabun atau detergen.

Meski sedikit sabun atau detergen akan menyebabkan terbentuknnya busa dan gelembung udara selama proses penggorengan. Hal ini akan mempercepat proses kerusakan minyak.

Keringkan atau tiriskan dengan baik produk pangan yang akan digoreng. Air yang berlebih akan mempercepat kerusakan minyak goreng.

Air juga bisa menyebabkan percikan minyak panas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, bahkan kebakaran.

Untuk produk pangan beku, sebaiknya dilelehkan dan ditiriskan sebelum digoreng. Kecuali produk yang tidak mengandung air, misalnya kentang.

Pada proses memasak, panaskan minyak dulu sebelum memasukkan bahan. Ini akan mempercepat waktu bahan tercelup minyak sehingga mengurangi penyerapan minyak pada bahan.

Hindari menggunakan minyak yang telah digunakan secara berlebihan, suhu terlalu tinggi, waktu terlalu lama, dan dugunakan berulang-ulang.

Setelah mengoreng, dinginkan minyak . Setelah dingin,lakukan penyarungan dengan kain kasa bersih. Penyaringan berguna untuk menghilangkan sisa makanan yang gosong.

Simpan minyak goreng yang telah disaring pada tempat yang bersih. Letakkan di tempat yang gelap dan sejuk. Minyak yang dibiarkan terbuka akan terkontaminasi udara bebas sehingga mudah tengik.

Jika akan digunakan lagi, tanmbahkan sedikit minyak yang masih baru supaya jumplahnya mencukupi.


sbr,nyata
0 Responses
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x