Si "Pengacau" Menstruasi


Banyak Perempuan yang memiliki masalah menstruasi. Berbagai hal menjadi keluhan mereka, antara lain; mentruasi yang kelewat lama sampai yang hanya kadang-kadang saja mendapatkannya. Secara medis telah dibuktikan bahwa menstruasi itu tidak hanya pertanda kesuburan pada perempuan, tetapi juga berhubungan erat dengan kesehatan secara keseluruhan.

Jika Anda adalah salah satu di antara sekian banyak perempuan yang memiliki masalah menstruasi, pasti akan lebih nyaman jika mengetahui hal yang terjadi di dalam tubuh serta faktor penyebab kekacauan pada mentruasi.

Jadi, apa sajakah itu?

Mentruasi terlalu lama dan perdarahan banyak

Apakah saat ini Anda sedang mengonsumsi pil kontrasepsi? Jika Ya, maka kondisi mentruasi yang heavy flow ini dipicu oleh kandungan vitamin C pada pil kontrsepsi yang cukup tinggi. Tak hanya itu, 'kebanjiran darah' saat mentruasi bisa diindikasikan sebagai satu gejala tumor ringan pada rahim.

Meskipun rata-rata kasus seperti ini tidak berbahaya, tetapi tetap saja Anda harus berhati-hati karena tumor ini bisa berubah menjadi ganas dan besar. Penyebab lain adalah
hypothyroidism.Gejala ringan yang menyertainya adalah kulit gatal, kering dan kusam. Meskipun tidak terjadi secara berkepanjangan dan tidak berbahanya, gejala ini berhubungan dengan diebetes.

Menstruasi datang sebelum waktunya

Normalnya menstruasi datang setiap 28 hari, dihitung setelah hari pertama Anda mendapatkannya. Tetapi kalau 'lingkaran waktu' menstruasi Anda semakin pendek, pasti ada sesuatu. Cobalah ingat-ingat kembali, apakah menstruasi Anda kerap datang kurang dari 3 minggu? Jika ya, segera temui dokter, sebab , biasanya gejala tersebut dipicu oleh fibroid atau urine polyps ( lapisan yang tumbuh di liang rahim ) dan menyebabkan pendarahan yang bukan mens. Dalam kasus ini biasanya tubuh tidak dapat berovulasi sehingga lapisan akan menebal dan bisa memicu kanker.

Kurang nutrisi

Tidak menstruasi tapi tidak hamil. Bisa jadi disebabkan karena seseorang sedang menjalani diet super ketat. Atau bisa jadi Anda sedang stres dan kelelahan. Jika ya, maka tak usah kaget karena diet, stres, dan kecapaian mempengaruhi kadar hormon. Tetapi jika sampai 3 bulan Anda tidak mengalami menstruasi, hanya ada satu hal yang harus Anda lakukan, segera temui dokter!

Kondisi hormonal yang tidak stabil

Menstruasi sangat dipengaruhi oleh hormon. Hormon-hormon reproduksi berperan penting dalam proses pematangan dan pengeluaran sel telur. Jika kadar hormon tidak seimbang, maka sel telur yang matang tidak ada, dan seorang perempuan tidak akan mengalami menstruasi.

Sbr.kesehatan

Label: | edit post
0 Responses
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x