Kunjungilah Negeri Orang

Salah satu perbuatan yang dapat melapangkan dada dan menyingkirkan awan kegelisahan dan kecemasan dari dalam hati adalah berwisata ke pelbagai negeri, melintasi padang-padang rumput, mengitari daerah yang luas, memandang buku alam semesta yang terbuka untuk menyaksikan pena-pena kekuasaan Tuhan menuliskan ayat keindahan di atas lembaran ciptaan-Nya, untuk melihat kebun yang berpemandangan indah, taman yang elok, dan pohon-pohon yang lebat.

Keluarlah dari rumah Anda, renungilah apa yang ada di samping, di hadapan, dan di belakang Anda, naiklah ke gunung, jelajahi lembah-lembah, panjatlah pohon-pohon, reguklah air dari air terjun, tempelkan hidung Anda ke tangkai-tangkai bunga melati, pada saat itulah Anda dapati jiwa Anda bebas dan lepas, seperti burung yang pandai berkicau, yang bertasbih di cakrawala kebahagiaan.

Keluarlah dari rumah Anda, buanglah tutup hitam dari mata Anda, dan berjalanlah di jalan-jalan Allah yang lempang sambil berdzikir dan bertasbih.

Mengurung diri di kamar yang sempit bersama kokosongan yang mencekik adalah cara yang ampuh untuk bunuh diri. Dunia tidak seluas kamar Anda dan Anda bukan satu-satunya manusia. Jadi, untuk apa menyerah pada pasukan-pasukan kesedihan. Buatlah mata, telinga, dan hati Anda bergembira. Pergilah dalam keadaan merasa ringan atau berat. Bacalah Al-Qur'an di sana, di antara aliran-aliran sungai dan lereng-lereng gunung , di antara burung-burung yang menyanyikan tembang-tembang cinta, di antara air yang mengisahkan pengalamannya turun dari bukit.

Berpelesir ke pelosok-pelosok dunia adalah kesenangan yang dianjurkan oleh dokter kepada orang yang tertekan jiwanya dan terbelenggu oleh kamarnnya yang sempit. Jadi, marilah mengembara, agar kita bahagia, gembira, berpikir, dan merenung.
" Mereka memikirkan penciptaan langit dan bumi, seraya berkata: Wahai Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan semua ini dengan sia-sia." (QS.Ali Imran :191)
Label: | edit post
0 Responses
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x