Mengolah Lidah Buaya

Sebenarnya pemanfaatan tanaman lidah buaya sangat banyak sekali, selain untuk perawatan rambut dan untuk pakan unggas, sudah lama ditemukan cara pengolahan lidah buaya menjadi sejenis bahan isian minuman kemasan (sejenis nata de coco)

Hasil penelitian para ahli nutrisi membuktikan bahwa lidah buaya memiliki kandungan gizi dan efek farmakologis (pengobatan) terhadap banyak jenis penyakit. Bagian yang dimanfaatkan adalah gelnya, dan biasanya dimanfaatkan untuk membantu sistem pencernaan. Hal ini karena dalam gel lidah buaya mengandung senyawa Antrakuinon.

selain itu bisa dimanfaatkan juga untuk antiseptik dan antibiotik alami karena kandungan Saponin-nya mampu membunuh kuman, lignin dalam gel mampu melindungi kulit dari dehidrasi dan menjaga kelembabannya.

Dalam pengolahan makanan, lidah buaya bisa diolah menjadi manisan, jus, serbuk, hingga gel. Daging lidah buaya juga lezat untuk beragam masakan. Teksturnya kenyal, rasanya menyegarkan, sangat cocok untuk campuran salad, dan tumisan.

Jika anda akan mengolah lidah buaya, berikut tips untuk mengurangi bau langu, rasa pahit, dan lendirnya:

  • Pilih lidah buaya berdaging tebal. Kupas kulit sedikit tebal sehingga tersisa daging buah yang berwarna putih transparan. Potong menjadi bentuk yang lebih kecil. Rendam didalam air matang yang telah ditambah dengan 0,025 % garam dan 0,025% asam sitrat. Biarkan selama 2 jam, cuci bersih dan tiriskan.
  • Cara lain: Setelah dikupas, cuci dan remas-remas potongan daging lidah buaya di dalam air garam. Setelah lendirnya hilang, rendam dalam air kapur sirih atau tawas agar diperoleh tekstur gel yang lebih kokoh dan kenyal. Cuci bersih dan gel siap digunakan.
MANISAN LIDAH BUAYA

BAHAN
  • Lidah buaya 3 kg, potong menjadi 2 bagian
  • Air 6 liter
  • Air kapur sirih 150 ml
BAHAN SIRUP
  • Air 1800 ml
  • Gula pasir 600 g
  • Citrun zuur 3 sdt
CARA MEMBUAT
  1. Rebus 2 liter air, tambahkan air kapur sirih, aduk rata. Masukkan lidah buaya, rebus hingga kulit lidah buaya lunak.
  2. Angkat rebusan lidah buaya, kemudian cuci bersih hingga lendir hilang. Buang atau kupas bagian kulit luar lidah buaya, kemudian cuci kembali daging lidah buaya hingga bersih.
  3. Potong-potong daging lidah buaya sesuai selera, daging lidah buaya siap diolah.
  4. Sirup: Rebus air, gula pasir, dan Citrun zuur, aduk rata. Masukkan potongan daging lidah buaya, rebus hingga mendidih. Angkat. Dinginkan dahulu manisan sebelum di kemas. Sajikan.

Sbr.chef bagoes S.
1 Response
  1. resepnya sangat menarik makasih ya...


Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x